Bedanya Teknik Krom Celup Dengan Semprot

krom celup

Melapisi komponen motor dengan krom menjadi cara untuk mendongkrak tampilan agar terlihat berkilau. Ada dua teknik cara melapis motor dengan krom, yaitu teknik celup dan semprot.

Meski terlihat sederhana, proses krom menggunakan teknik semprot ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Karena harus membiarkan cat krom kering secara alami. Selain itu, pengecatan butuh proses yang berulang-ulang agar lapisan krom tidak mudah luntur.

Sedangkan untuk krom dengan teknik celup, perangkat yang dibutuhkan memang harus banyak. Jadi bak yang penuh dengan cairan kimia, dihantarkan listrik dengan trafo di samping bank. Tegangan listrik di buat tinggi agar hasil kromnya maksimal.

Hal itu pula yang menjelaskan kenapa part besi dan logam sana yang bisa menggunakan teknik krom celup. Sebab besi dan logam bisa menghantarkan listrik.

Meskipun terlihat melibatkan banyak peralatan, krom dengan teknik celup lebih terlihat simpel. Sebab part-part motor hanya di celupkan saja dan tunggu sampai beberapa jam, diangkat dan kemudian di poles.

Teknik celup ini juga terlihat lebih ramah terhadap udara. Karena tidak ada pencemaran udara akibat bahan cat yang disemprotkan. Tetapi teknik krom celup tetap saja membuat udara menyengat, sebab menggunakan banyak campuran bahan kimia.