Cara Mencegah Cat Motor Menjadi Kusam

Cara Mencegah Cat Motor Menjadi Kusam

Pepatah mengatakan mencegah lebih baik daripada mengobati. Ungkapan ini sering kali kita dengar terkait pentingnya menjaga kesehaan daripada harus mengobatinya. Ungkapan ini bisa diterapkan dalam segala hal, termasuk body motor.

Daripada harus kerepotan untuk mengembalikan cat motor kusam agar kembali kinclong, tentu saja lebih baik jika anda melakukan upaya untuk pencegahan agar car motor anda tidak kusam.

  1. Hindarkan motor dari paparan sinar matahari langsung
    Sinar matahari mengandung ultraviolet yang dapat menyebabkan cat motor terkelupas dan menjadi kusam jika terkena dalam waktu yang lama. Oleh karena itu saat memarkirkan kendaraan anda, usahakan mencari tempat yang teduh dan tidak langsung terkena paparan sinar matahari.
  2. Cuci motor setelah terkena hujan
    Air hujan mengandung nitrat yang bisa memudarkan cat motor. Oleh karena itu jika kebetulan motor anda terkena guyuran hujan, usahakan langsung mencucinya dengan air bersih dan mengeringkannya. Perhatikan juga bagian-bagian motor yang bisa mengendapkan air. Karena air hujan yang mengendap lama di bagian body motor anda bisa menyebabkan munculnya korosi atau karat.
  3. Jangan sampai terkena minyak
    Saat pengisian monyak rem dan yang lainnya, seringkali ada bagian body motor yang tekena basahan dari minyak. Jika hal ini terjadi, segera bersihkan bekas minyak tersebut dan jangan membiarkannya begitu saja karena bisa merusak lapisan luar cat motor.
  4. Cuci motor secara rutin
    Sebagai kendaraan harian, motor tentu saja dipakai sehari-hari untuk berbagai keperluan. Akibatnya, motor akan mudah kotor terkena debu, lumpur, genangan air dan kotoran lainnya. Kotoran-kotoran ini akan menyebabkan memudarnya cat motor dan menimbulkan karat pada body motor. Untuk mencegahnya usahakan anda mencuci motor secara rutin.

Comments are closed.