Siswa SMK Ciptakan Motor Cooper dari Limbah Logam

motor cooper dari limbah logam

Siswa SMK Bhakti Praja, baru-baru ini berhasil menciptakan sebuah motor rakitan Cooper dan Red Rock. Dua jenis motor ini dibuat menggunakan limbah besi kiloan dan komponen mesin-mesin bekas.

Julukan Tegal sebagai Jepang-nya Jawa memang bukan isapan jempot belaka. Sejak zaman dahulu orang tegal memang mahir dalam membuat sesuatu produk mirip barang pabrikan. Salah satu karya terbaru mereka adalah sebuah motor cooper dan red rock.

Bahan yang di gunakan untuk membuat jenis motor itu bukan dibeli dari pabrik, melainkan dengan memanfaatkan limbah logan berupa besi kiloan dari berbagai ukuran dan jenis.

Diterangkan lebih lanjut, motor ini terdiri dari beberapa komponen limbah besi kiloan. Pipa besi ini dipakai untuk merakit rangka motor. Bagian shockbraker mengambil dari tukang loak dan dalam kondisi sudah mati.

Bagian roda yang dipakai adalah velg bekas motor MegaPro yang diambil dari pasar bekas. Untuk tangki BBM dan knalpot, siswa membuat sendiri menggunakan plat besi yang dibentuk secara manual.

Selanjutnya, bagian mesin motor diambil dari beberapa komponen mesin bekas. Artinya mereka tidak memakai mesin bekas secara utuh, melainkan merakitnya secara kanibal.

Hampir mirip dengan Cooper, motor Red Rock ini juga memakai barang bekas yang membedakan dengan cooper adalah mesin yang terpasang di motor Red Rick ini menggunakan campuran milik motor Yamaha.

Bagian depan casing mesin memakai bekas Yamaha Crypton. Block mesin mengambil punya Vegas, sher piston dari Jupiter dan karburasi dari Vega. Untuk bagian velg belakang di ambil dari bekas mobil Kijang.

Comments are closed.