Tips Menjaga Aki Basah Agar Tidak Cepat Tekor

Tips Menjaga Aki Basah

Aki merupakan komponen penting pada motor. Fungsinya untuk menyimpan engergi listrik dalam bentuk cairam kimia, yang digunakan untuk menyuplai listrik ke sistem starter, lampu, pengapian dan komponen kelistrikan lainnya.

Oleh karena itu, jika aki sudah lemah atau tekor tentu akan membuat repot. Bagi yang tidak ingin mengalami kondisi tersebut, beginilah cara perawatan aki basah.

Pertama anda harus sering-sering mengecek kondisi air aki. Pasalnya, jika air aki dibawah indikator minimum, maka aki akan melemah dan tidak mampu memberikan tegangan optimal. Perihal pengisian air aki diatas batas upper, juga harus di hindari. Karena jika air aki terlalu penuh tidak ada ruang udara untuk membantu proses oksidasi.

Selain itu, cara merawat aki juga bisa dipengaruhi dari gaya berkendara. Jika berkendara dengan eco riding, maka aki akan lebih awet. Hal ini lantaran ketika riding dengan gaya eco riding, mesin tidak bekerja dengan beban yang berlebihan. Alhasil hal tersebut berdampak pada aki yang tidak terlalu ekstra memberikan suplai listrik.

Berbeda dengan cara gaya berkendara agresif. Jika dilakukan terus menerus maka dipastikan aki akan mudah tekor. Hal ini dikarenakan beban mesin bekerja lebih keras sehingga membutuhkan suplai arus listrik yang lebih banyak.