Unik, Pria ini Pasang AC di Helm

Mengendarai sepeda motor disaat cuaca panas kerap kali membuat kita tidak nyaman. Telebih kepala yang harus ditutupi helm sehingga membuat pengap. Terkadang hal ini membuat kita merasa kurang nyaman dalam berkendara.

Pria di India memiliki terobosan agar saat mengendarai motor di tengah teriknya matahari semakin nyaman. Pria bernama Sandeep Dahiya yang merupakan seorang mekanik asal bengaluru itu merancang perangkat portable yang bisa disesuaikan untuk menghembuskan udara dingin maupun hangat sesuai kebutuhan.

Perangkat tambahan pada helm ini diberi nama Vatanukul, dalam bahasa Hindi berarti AC. AC portabel untuk helm ini bisa dibawa kemanapun dan disimpan di ransel kecil yang mudah untuk di bawa.

Perangkat ini hanya menambah berat 125 gram pada helm. Di ranselnya terdapat perangkat untuk mengatur suhu yang beratnya mencapai 1.800 gram,

Terdapat semacam colokan yang menghubungkan unit AC portabel dengan aki sepeda motor. Ada juga alat pengontrol untuk mengatur suhu. Ketika diset cooling mode, lampu biru akan menyala dan temperatur di dalam helm akan lebih sejuk. Sebaliknya, ketika diaktifkan heating mode, lampu merah akan menyala dan udara hangat akan dihembuskan.

Sistem ini bekerja pada satu daya DC 12volt yang dipasok oleh aki motor, tanpa perlu energi eksternal lainnya.

Sandeep telah melakukan beberapa kali percobaan dan sudah merancang 8 model berbeda dalam empat setengah tahun. Ia terinspirasi ketika melihat banyak pemotor membuka helm karena kegerahan.